Senin, 11 Desember 2023

Skeneario Pembelajaran

SEKENARIO PEMBELAJARAN

Dengan alokasi waktu 2 x 40 menit tipa pertemuan untuk pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Dimulai dengan membaca do’a anak-anak kelas 7 F di MTs. Negeri 1 Cibatu memulai aktifitasnya, pagi ini jam pertama akan dimulai dengan jadwal pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dilanjutkan dengan mengabsen peserta didik satu persatu, kemudian dilanjutkan dengan membahas salah satu cara kerja yang akan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran hari itu.
Kemudian kegiatan selanjutnya adalah dengan membentuk kelompok yang terdiri dari 6 orang, karena jumlah siswa dikelas 7F adalah 36 orang maka kegiatan kelas dibagi menjadi 6 kelompok, kelas daitur menjadi tatanan bangku untuk 6 kelompok, kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah, karena kelas 7 merupakan kelas yang berasal dari tingkat  sekolah dasar maka siswa dibaurkan dari tiap sekolah asal yang berbeda jadi bersifat heterogen, ini dilakukan agar siswa bisa bekerja sama dengan teman yang berasal dari sekolah yang berbeda. Untuk kegiatan awal ini dialokasikan waktu 5 menit.
            Dimulai dengan fase menyampaikan tujuan pembelajaran hari itu yaitu siswa diharapkan dapat menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi, serta perkembangan perangkat TIK dalam bidang informasi.
Kemudian dilanjutkan dengan Fase menyajikan informasi; guru menerangkan tentang sejarah perkembangan TIK dimana anak-anak disuguhi dengan beberapa contoh gambar perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi dan informasi dari mulai memperlihatkan contoh gambar peralatan TIK pertama kali detemukan sampai perangkat TIK yang terbaru muncul. Alokasi waktu yang digunakan adalah sekitar 10 menit
Langkah selanjutnya adalah Fase mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar; guru membagi dari 6 kelompok yang ada menjadi 2 kelompok besar dimana 3 kelompok pertama membahas perangkat peralatan TIK bidang telekomunkasi dan 3 kelompok berikutnya membahas perkembangan perangkat TIK dalam bidang Informasi.
Dengan pembagian tugas yang telah ditentukan untuk kelompok 1 sampai 3 diberikan lembar kerja siswa yang berformat perangkat TIK bidang telekomunikasi dan kelompok 4 sampai 6 dibagi format LKS yang berformat perangkat TIK bidang informasi. Dimana diterangkan langkah pengisian lembar kerja serta sistem penilaian tiap kelompok, agar semua bisa bekerja sama dengan baik ditekankan untuk setiap kelompok agar anggotanya ikut andil dalam pengisian format lembar kerja maka jumlah soal disesuaikan dengan jumlah peserta didik d itiap kelompok yakni minimal 6, tapi untuk pengayaan jika peserta didik menemukan lebih dari 6 perangkat diberikan apresiasi lebih dalam hal penilaian.
Fase membimbing kelompok bekerja dan belajar; Adapun untuk pengisian lembar kerja peserta didik boleh mengambil referensi dari manapun baik itu buku pegangan, majalah, koran ataupun sumber lain, siswa dibebaskan untuk keperpustakaan secara perwakilan untuk mengmbil bahan referensi pengisian lembar kerja. Namun dibatasi dengan waktu sampai 10 menit agar siswa dapat menyelesaikan lembar kerja dalam waktu 20 menit.
 Fase Evaluasi; Setelah selesai diskusi kelompok, peserta didik mempresentasikan hasil karyanya dari tiap kelompok, diselingi tanya jawab dari kelompok yang lainnay.
Fase Penilaian setelah selesai presanetasi tiap kelompok di beri penilaian sebagai upaya penghargaan dengan skor minimal 7 bagi yang minimal memenuhi kriteria penilaian LKS dan 9 bagi yang melebihi kriteria penilaian LKS. Alokasi waktu yang digunakan adalah 30 menit
Sebagai penutup guru memberikan kesimpulan dan penguatan hasil diskusi hari itu. Digunakan alokasi 5 menit.
Skenario pembelajaran diatas diterapkan dari Rencana Pembelajaran di bawah ini untuk pertemuan yang pertama. Dimana model yang digunakan Cooperative Learning dengan pendekatan Contekstual Learning.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah            
:
MTs. Negeri 1 Cibatu
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang
Kompetensi Dasar
:
1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang
Alokasi Waktu
:
2 x  pertemuan ( 2 x 40 )
A. Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik mampu :
·         Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi
·         Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang informasi
·         Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang etika
·         Mendeskripskan perkembangan perangkat TIK beserta fungsinya dan dampaknya
v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
  1. Sejarah tentang perkembangan bidang telekomunikasi
  2. Sejarah tentang perkembangan komunikasi
  3. Sejarah tentang perkembangan informasi
  4. Perangkat-perangkat TIK dari tradisional sampai modern
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan  CTL
Model: Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan pertama
     1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
        apresiasi  dan motivasi  :
·      Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
     2. Kegiatan Inti  (60 menit)
§  Eksplorasi
    Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan peserta didik tentang keuntungan dan kerugian dampak TIK
F Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang sejarah perkembangan TIK
F Menjelaskan fungsi beberapa perangkat TIK
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§  Elaborasi
    Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup ( 5 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
     Pertemuan Kedua
     1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
        apresiasi  dan motivasi  :
·      Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
     2. Kegiatan Inti (60 menit)
§  Eksplorasi
    Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyampaikan sejarah perkembangan TIK dari tradisonal samapai moderen
F Menyampaikan sejarah perkembangan TIK secara elektronik  dari generasi pertama sampai generasi terakhir
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§  Elaborasi
    Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
    Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup (5 menit)
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mengerjakan lembar kerja

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku teks, lembar kerja, VCD dsb.

F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi




Ø  Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  beserta fungsinya
Tes tertulis





Ter tertulis
Uraian/ pilihan ganda



Uraian
Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!

Deskripsikanlah  fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan perkembangan penemuannya!
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar