SEKENARIO PEMBELAJARAN
Dengan
alokasi waktu 2 x 40 menit tipa pertemuan untuk pelajaran Teknologi Informasi
dan Komunikasi.
Dimulai
dengan membaca do’a anak-anak kelas 7 F di MTs. Negeri 1 Cibatu memulai
aktifitasnya, pagi ini jam pertama akan dimulai dengan jadwal pembelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dilanjutkan dengan mengabsen peserta
didik satu persatu, kemudian dilanjutkan dengan membahas salah satu cara kerja
yang akan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran hari itu.
Kemudian
kegiatan selanjutnya adalah dengan membentuk kelompok yang terdiri dari 6
orang, karena jumlah siswa dikelas 7F adalah 36 orang maka kegiatan kelas
dibagi menjadi 6 kelompok, kelas daitur menjadi tatanan bangku untuk 6
kelompok, kelompok dibentuk dari
siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah, karena kelas 7
merupakan kelas yang berasal dari tingkat sekolah dasar maka siswa dibaurkan dari tiap
sekolah asal yang berbeda jadi bersifat heterogen, ini dilakukan agar siswa
bisa bekerja sama dengan teman yang berasal dari sekolah yang berbeda. Untuk
kegiatan awal ini dialokasikan waktu 5 menit.
Dimulai
dengan fase menyampaikan tujuan pembelajaran hari itu yaitu siswa
diharapkan dapat menjelaskan
perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi,
serta perkembangan
perangkat TIK dalam bidang informasi.
Kemudian dilanjutkan
dengan Fase menyajikan informasi; guru menerangkan
tentang sejarah perkembangan TIK dimana anak-anak disuguhi dengan beberapa
contoh gambar perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi dan informasi dari
mulai memperlihatkan contoh gambar peralatan TIK pertama kali detemukan sampai
perangkat TIK yang terbaru muncul. Alokasi waktu yang digunakan adalah sekitar
10 menit
Langkah
selanjutnya adalah Fase mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar;
guru membagi dari 6 kelompok yang ada menjadi 2 kelompok besar dimana 3
kelompok pertama membahas perangkat peralatan TIK bidang telekomunkasi dan 3
kelompok berikutnya membahas perkembangan perangkat TIK dalam bidang Informasi.
Dengan
pembagian tugas yang telah ditentukan untuk kelompok 1 sampai 3 diberikan
lembar kerja siswa yang berformat perangkat TIK bidang telekomunikasi dan kelompok
4 sampai 6 dibagi format LKS yang berformat perangkat TIK bidang informasi.
Dimana diterangkan langkah pengisian lembar kerja serta sistem penilaian tiap
kelompok, agar semua bisa bekerja sama dengan baik ditekankan untuk setiap
kelompok agar anggotanya ikut andil dalam pengisian format lembar kerja maka
jumlah soal disesuaikan dengan jumlah peserta didik d itiap kelompok yakni
minimal 6, tapi untuk pengayaan jika peserta didik menemukan lebih dari 6
perangkat diberikan apresiasi lebih dalam hal penilaian.
Fase membimbing kelompok bekerja dan belajar;
Adapun untuk pengisian lembar kerja peserta didik boleh mengambil referensi
dari manapun baik itu buku pegangan, majalah, koran ataupun sumber lain, siswa
dibebaskan untuk keperpustakaan secara perwakilan untuk mengmbil bahan referensi
pengisian lembar kerja. Namun dibatasi dengan waktu sampai 10 menit agar siswa
dapat menyelesaikan lembar kerja dalam waktu 20 menit.
Fase Evaluasi; Setelah
selesai diskusi kelompok, peserta didik mempresentasikan hasil karyanya dari
tiap kelompok, diselingi tanya jawab dari kelompok yang lainnay.
Fase Penilaian
setelah selesai presanetasi tiap kelompok di beri penilaian sebagai upaya
penghargaan dengan skor minimal 7 bagi yang minimal memenuhi kriteria penilaian
LKS dan 9 bagi yang melebihi kriteria penilaian LKS. Alokasi waktu yang
digunakan adalah 30 menit
Sebagai
penutup guru memberikan kesimpulan dan penguatan hasil diskusi hari itu. Digunakan
alokasi 5 menit.
Skenario
pembelajaran diatas diterapkan dari Rencana Pembelajaran di bawah ini untuk
pertemuan yang pertama. Dimana model yang digunakan Cooperative
Learning dengan
pendekatan Contekstual Learning.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
MTs. Negeri 1 Cibatu
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa
datang
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2 Mendeskripsikan sejarah
perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x
pertemuan ( 2 x 40 )
|
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
mampu :
·
Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang
telekomunikasi
·
Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang
informasi
·
Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang etika
·
Mendeskripskan perkembangan perangkat TIK beserta
fungsinya dan dampaknya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
- Sejarah tentang perkembangan
bidang telekomunikasi
- Sejarah tentang perkembangan
komunikasi
- Sejarah tentang perkembangan
informasi
- Perangkat-perangkat TIK dari
tradisional sampai modern
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model: Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
apresiasi
dan motivasi :
· Menerangkan tentang
Sejarah perkembangan TIK
· Menyampaikan tujuan
pembelajaran
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Menjelaskan peserta didik tentang keuntungan dan kerugian dampak TIK
F Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb)
tentang sejarah perkembangan TIK
F Menjelaskan fungsi beberapa perangkat TIK
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup ( 5 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang
sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat
teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
apresiasi dan motivasi
:
·
Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti (60 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Menyampaikan sejarah perkembangan TIK dari tradisonal
samapai moderen
F Menyampaikan sejarah perkembangan TIK secara
elektronik dari generasi pertama sampai
generasi terakhir
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup (5 menit)
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan lembar kerja
E. Sumber
Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi
media dll.), buku teks, lembar kerja, VCD dsb.
F.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Menjelaskan
perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi
Ø Mendeskripsikan
perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya
|
Tes tertulis
Ter tertulis
|
Uraian/ pilihan ganda
Uraian
|
Jelaskan berbagai penemuan yang
terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!
Deskripsikanlah fungsi peralatan teknologi informasi dan
komunikasi sesuai dengan perkembangan penemuannya!
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar